Memilih Plafon Rumah Sesuai Tipe Hunian

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan di bidang arsitektur, makin banyak bermunculan tipe hunian, sesuai dengan trend hunian dan ketersediaan lahan. Di antaranya adalah desain rumah minimalis dan klasik – dua konsep hunian yang kembali trending setelah kemunculannya pertama kali puluhan tahun silam. Tapi kadang, pemilik rumah dengan konsep yang khas seperti ini kesulitan menentukan plafon rumah yang sesuai.

Plafon Rumah

Trend hunian modern dan pemilihan plafon rumah

Dahulu keberadaan plafon memang tidak terlalu dipedulikan, bahkan tak sedikit tempat tinggal yang tidak menggunakannya. Tapi lama-kelamaan kehadirannya mulai diperhitungkan, karena selain fungsinya yang banyak, juga bisa menambah nilai estetika interior rumah. Zaman sekarang, rumah bukan lagi semata-mata tempat berlindung dari panas dan hujan, namun sudah menjadi bagian dari investasi dan cerminan kepribadian dan prestise pemiliknya.

Rumah bergaya minimalis, klasik, atau Victorian misalnya, kini kembali muncul bukan karena faktor alam atau faktor budaya semata-mata, namun karena trend dan pilihan personal. Jadi, pemiliknya sangat consent untuk mempertahankan konsep tersebut. Mereka tidak ingin satu elemen, misalnya plafon rumah, menghancurkan konsep yang telah mereka rencanakan dari awal. Akibatnya, munculnya desain plafon bergaya khusus, misalnya plafon rumah klasik atau minimalis.

Plafon Rumah Sesuai Tipe Hunian

Berikut adalah beberapa inspirasi pemilihan plafon rumah berdasarkan jenis hunian anda:

Rumah Minimalis

Konsep hunian ini memang menjadi trend akhir-akhir ini, khususnya di wilayah perkotaan karena terbatasnya lahan hunian yang yang tersedia. Fokusnya adalah kesederhanaan dan kepraktisan, tapi kesan elegan dan modern terpancar jelas. Berikut adalah beberapa pilihan plafon rumah minimalis:

  • Fiber. Jenis plafon ini cukup banyak digemari, terbuat dari serat plastik dan warnanya transparan atau buram. Kemampuannya dalam menyerap panas matahari tak perlu diragukan dan tersedia dalam berbagai desain dan motif.
  • Gypsum, sangat cocok sebagai plafon rumah minimalis, karena harganya lebih murah, pengerjaannya mudah dan cepat. Hasil akhirnya tampak rapi karena sambungan antar plafon tidak terlihat jelas. Modelnya juga macam-macam, biasanya penjual sudah memiliki beberapa tipe yang bisa dipilih sesuai selera
  • Glass Block, umumnyanya dipasang di toilet. Pola dan coraknya beragam. Kekurangannya yaitu harus dikombinasikan dengan jenis plafon yang lain, karena tidak mampu berdiri sendiri. Tapi keunggulannya adalah bisa diaplikasikan di konstruksi atap dak beton.

Rumah Klasik

Pamor rumah klasik memang tidak pernah pudar, kesan alami, tidak terlalu glamour tapi tetap elegan, sederhana dan kenyamanan terpancar sangat jelas. Pemilihan plafon rumah klasik juga tidak bisa sembarangan, agar konsepnya tetap terpelihara, tidak bercampur dengan konsep lain. Pilihan plafon rumah klasik yang paling populer adalah bahan kayu. Bahan ini memang selalu nampak mengesankan. Alurnya yang khas membuatnya tampil istimewa dan berbeda dari buatan manusia. Tak sedikit orang yang berpendapat bahwa rumah yang sempit tidak cocok untuk menggunakan plafon rumah jenis ini. Pendapat tersebut keliru, karena sebenarnya yang paling berpengaruh adalah desain. Asalkan anda bisa menyesuaikan ukuran rumah dengan warna, arah motif kayu dan bentuknya terhadap pencahayaan, maka hasilnya akan sempurna.

Rumah Eropa

Gaya kebarat-baratan memiliki peminat yang tak sedikit di tanah air. Kesan mewah terpapar jelas dari setiap ukiran pada plafon rumah tipe ini. Bahan yang paling populer untuk gaya rumah Eropa adalah gypsum, karena bisa dibuat dengan ornamen dan hiasan seperti model dua dimensi serta dipoles dengan lengkungan-lengkungan, apalagi ditambah dengan lampu gantung ukuran besar. Plafon Gypsum untuk rumah bergaya Eropa biasanya diberi aplikasi lukisan dengan memakai cat khusus, sehingga motif yang tersaji lebih artistik. Warna yang dipilih biasanya adalah paduan warna gelap dengan terang, contohnya coklat tua dan muda.

Tiga tipe rumah diatas memang masih digandrungi oleh masyarakat. Tipe rumah seperti apa yang anda miliki? Jika bukan salah satunya, anda tetap bisa berkonsultasi dengan jasa pemasangan rumah profesional untuk mendapatkan rekomendasi yang sesuai.
thumbnail
Judul: Memilih Plafon Rumah Sesuai Tipe Hunian
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Plafon Rumah :

4 komentar:

  1. sebaiknya plafon itu disesuaikan dengan tipe rumah ya mas, jadi nanti akan terlihat serasi dan lebih indah rumah kita, sayang nya saya belum punya rumah sendiri nih :D

    BalasHapus
  2. keren nih klo rumah ane dijadiin model kek begini, modern ... hihi nabung dulu aja deh :D

    BalasHapus
  3. Kreeen mudahan aku bisa punya rumah kaya gini tidur dulu biar mimpi kreeen kreeeb

    BalasHapus
  4. Kreeen mudahan aku bisa punya rumah kaya gini tidur dulu biar mimpi kreeen kreeeb

    BalasHapus

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz